728x90 AdSpace

  • Latest News

    Kamis, 29 November 2012

    Info : Keripik Nanas dan Kerupuk Kulit Ikan Ala Pengusaha Muda Palembang

    Keripik Nanas dan Kerupuk Kulit Ikan Ala Pengusaha Muda Palembang 
    Gagah Wijoseno - detikNewsJakarta - Kalau ke Palembang jangan lupa beli oleh-oleh keripik nanas dan kerupuk kulit ikan. Kurang lengkap ke Palembang tanpa icip nanas dan kerupuk kulit ikan. Lemak nian!

    Slogan macam ini mungkin terdengar aneh sekarang. Tapi bukan tidak mungkin kedua makanan itu bakal jadi primadona Sumatera Selatan sekitar 5 sampai 10 tahun lagi.

    Adalah Rian Reknalta (20) dan Danu Agresa (19) yang berada di balik ide pembuatan dua jenis makanan itu. Kedua mahasiswa Politeknik Sriwijaya itu melontarkan idenya dalam acara 'Get Inspired!' yang diselenggarakan atas kerjasama BBC Indonesia, detikcom, dan media lokal.

    "Di Prabumulih banyak produksi nanas. Tapi biasanya cuma dijual begitu aja. Paling cuma pas lebaran dibuat selai," ujar Rian dalam acara yang bertempat di Kampus Politeknik Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (16/3/2011).

    Selain keripik nanas, Rian juga punya ide mengolah buah berdaging kuning ini menjadi minuman kaleng. Limbah kulit nanas yang tidak terpakai menjadi album foto.

    "Ini merupakan cita-cita dan impian," jawab Rian ketika ditanya kenapa berhasrat menjadi entrepreneur.

    Senada dengan Rian, Danu terinspirasi mengolah kulit ikan menjadi penganan karena. Ide spontan muncul melihat potensi perikanan di daerahnya.

    "Idenya spontan. Karena sepanjang sungai Muara Enim dan Pagaralam banyak penyuplai ikan lele dan gabus," jelas.

    Kulit ikan gabus dan lele diolah sedemikian rupa sehingga bisa dibuat keripik dan jange (kerupuk kulit). Selain enak, kandungan gizi di dua ikan itu juga tinggi.

    "Saya pernah lihat di TV katanya ikan gabus dan lele mempunyai kandungan protein tertinggi dari semua ikan," terangnya.

    Atas ide-idenya itu, Rian dan Dau beserta 6 orang peserta Get Inspired lainnya mendapatkan voucher pelatihan Entrepreneurship Camp senilai Rp 1 juta dari pengusaha properti muda dari Palembang, Syaiful Fadli. Dengan mengikuti pelatihan itu, keduanya diharapkan dapat mewujudkan ide-ide mereka.

    "Di Palembang sedang terkena virus wirausaha. Banyak seminar tentang wirausaha. Saya berharap hadiah yang diberikan bisa memmunculkan pengusaha-pengusaha muda," tutur Syaiful yang juga didaulat menjadi inspirator Get Inspired di Palembang kali ini.

    (gah/ape)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 blogger-facebook-disqus:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Info : Keripik Nanas dan Kerupuk Kulit Ikan Ala Pengusaha Muda Palembang Rating: 5 Reviewed By: Pengusaha Muslim
    Scroll to Top